Pemuda Indonesia Harus Berpikiran Jauh ke Depan

Pemuda Indonesia Harus Berpikiran Jauh ke Depan

Saat briefing persiapan Kelas Inspirasi Toraja Utara yang dilaksanakan hari Sabtu, 12 Maret 2016, Bupati Toraja Utara, Frederik Bati’ Sorring, dalam sambutan yang disampaikan dihadapan relawan pengajar, videografer dan fotografer Kelas Inspirasi Toraja Utara di Ruang Pola Kantor Bupati Toraja Utara menekankan bahwa Kelas Inspirasi  telah mengambil langkah yang jauh ke depan.

Berpikiran jauh melebihi jangkauan pemikiran 20 tahun ke depan. “Apa yang dilakukan Kelas Inspirasi adalah hal yang teramat sangat penting untuk memotivasi munculnya inspirasi-inspirasi pada generasi muda kita, generasi muda Indonesia.” Demikian tambah Frederik.

Hari itu, ratusan relawan pengajar, videografer dan fotografer dari berbagai penjuru tanah air yang terpanggil untuk mengisi kegiatan Kelas Inspirasi Toraja Utara hadir di Ruang Pola Kantor Bupati Toraja Utara untuk memantapkan langkah mereka mempersiapkan diri memberikan inspirasi bagi murid-murid SD di beberapa kecamatan di Toraja Utara.

Di Ruang Pola tersebut, para relawan di beri informasi awal tentang apa itu Kelas Inspirasi, bagaimana menerapkannya saat para relawan itu nantinya terjun langsung di lapangan, apa yang harus dan jangan dilakukan, hingga apa manfaat Kelas Inspirasi bagi para relawan dan terutama bagi para murid-murid SD yang menjadi kegiatan Kelas Inspirasi ini berlangsung.

Relawan-relawan Kelas Inspirasi Toraja Utara Di acara perkenalan para relawan saat briefing tersebut diketahui ternyata sangat beragam latar belakang profesi yang digeluti para relawan. Misalnya: Peneliti, Wira Usaha, Pendeta, Dokter, anggota TNI AL, Pengusaha Perminyakan, Fotografer, Videografer dan lain sebagainya.

Di Toraja Utara, Kelas Inspirasi baru pertama kali ini diadakan yaitu pada tanggal 14 Maret nanti di beberapa kecamatan di Toraja Utara. Carlos, selaku Koordinator Kelas Inspirasi Toraja Utara, saat memberikan sambutan mengatakan bahwa diharapkan para relawan dapat menghayati prinsip dasar Kelas Inspirasi, yaitu “Sekali berbagi, seumur hidup menginspirasi.”

Sebenarnya apa itu Kelas Inspirasi? Kelas Inspirasi merupakan bagian dari gerakan Indonesia Mengajar yang digagas oleh Anies Baswedan.

Tujuan utamanya adalah meningkatkan kualitas pendidikan bangsa.

Kelas Inspirasi, seperti disebutkan dalam modul dikatakan bahwa melalui Kelas Inspirasi: ‘Indonesia Mengajar ingin mewadahi profesional dari berbagai sektor untuk ikut serta berkontribusi pada misi perbaikan pendidikan di Indonesia.

Kelas Inspirasi adalah kegiatan yang memberi pengalaman mengunjungi dan mengajar sehari pada beberapa Sekolah Dasar (SD), dengan muatan informasi dan inspirasi tentang berbagai profesi.

Harapannya, para siswa akan memiliki lebih banyak pilihan cita-cita serta menjadi lebih termotivasi untuk memiliki mimpi yang besar.

Kontak dengan beberapa SD diharapkan dapat berkembang nantinya menjadi lebih banyak gagasan dan kegiatan yang melibatkan kontribusi kaum profesional.’

Mulia kan ya? Insya Allah.

Walau pelaksanaan Kelas Inspirasi hanya dilakukan selama satu hari, ya … sehari saja, tetapi diharapkan akan dapat berkontribusi terhadap inspirasi untuk seumur hidupnya, baik untuk para relawan, maupun para siswa SD yang menjadi tujuan kegiatan Kelas Inspirasi ini.

Sebagai informasi, karena namanya juga relawan, jadi betul-betul kegiatan yang memerlukan kerelaan ‘tingkat tinggi’ mereka (kami) tidak ada yang dibayar lho ….. hanya berkontribusi semaksimal mungkin.

Saya sendiri yang akan berpartisipasi dalam kegiatan Kelas Inspirasi Toraja Utara (masuk kedalam Tim 3 – SD 5 Rindingallo, Kecamatan Rindingallo, Toraja Utara, dengan koordinator tim: Sastika), sudah tidak sabar ingin bertemu mereka, para siswa SD tersebut, dengan harapan bahwa kontribusi saya dapat bermanfaat untuk kedua belah pihak, saya dan mereka, para siswa SD tersebut.

Walau profesi utama saya adalah seorang peneliti di bidang sosiologi kehutanan di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, tetapi nanti, saat Kelas Inspirasi, saya akan membagikan pengalaman saya dengan profesi lain, yaitu seorang Pendongeng Lingkungan (topik tetap tidak jauh dengan bidang pekerjaan saya: Kehutanan dan Lingkungan Hidup) dengan bantuan our new family member: si Otan.

Moga manfaat.

Toraja Utara, 13 Maret 2016

@kangbugi PS:

Terima kasih untuk para panitia relawan Kelas Inspirasi Toraja Utara yang sudah sangat-sangat ‘berkeringat’ mempersiapkan kegiatan ini. Pengalaman bagaimana praktik Kelas Inspirasi akan disampaikan setelah kegiatan itu berlangsung yaaaa ;)

Foto-foto dalam postingan ini milik: Bugi Sumirat dan Sastika

Telah diposting secara lengkap di: http://www.kompasiana.com/bugisumirat/pemuda-indonesia-harus-berpikiran-jauh-ke-depan_56e4aee8c5afbd7c088b456b

Be Sociable, Share!

You must be to post a comment