Linihijau mendukung buah pikir Blogger-Blogger Bogor

1360034334380

Buku Hitam Putih Bogor

 

Satu kalimat yang saya lupa bersumber darimana, tetapi saya dapatkan di wall facebook saya (jika ada yang mengetahui tolong kami diinformasikan untuk kepentingan ‘quote’) yang berbunyi:

 

Writing is thinking, rather than simply typing

 

Menulis itu adalah proses berpikir, bukan hanya sekedar menulis. Setujukah anda? Saya setuju sekali terhadap pernyataan tersebut. Ya, menulis adalah proses berpikir.

Berpikirartinya kita tahu apa yang kita pikirkan, kita mencoba menganalisa mengapa kita pikirkan, kita mencoba mengumpulkan unsur-unsur yang mendukung mengapa kita memikirkan hal tersebut, kemudian kita menganalisa pikiran kita, dan kita membandingkan dengan pikiran-pikiran sejenis di sekitar kita hingga kita bisa mengambil kesimpulan dari apa yang kita pikirkan itu.

Proses berpikir di atas yang terjadi selama kita menulis, merangkaikan huruf-huruf menjadi kata dan kata-kata menjadi kalimat. Kalimat berlanjut menjadi paragraf dan seterusnya sehingga menjadi sebuah tulisan – dengan diberikan bobot proses berpikir tersebut.

Maka, menulis tidak hanya sekedar merangkai kata-kata tanpa maksud tetapi sebaliknya, menyampaikan maksud dalam untaian rangkaian kata-kata. Menyampaikan ide dan buah pikir untuk dibagikan kepada para pembacanya.

Bekerja sama dengan Komunitas Blogger Bogor, Linihijau mendukung penerbitan buku kedua Komunitas ini yang diberi judul:

Hitam Putih Bogor (Bogor, an insight from different angle)

Ups … ada judul bahasa Inggrisnya?

Ya, bukan sekedar terjemahan dari judul buku Hitam Putih Bogor, tetapi memang keseluruhan buku ini, setengahnya berbahasa Inggris. Setiap artikel didalam buku ini dibuatkan terjemahannya dalam bahasa Inggris, termasuk daftar isi, kata pengantar hingga sambutan Bapak Walikota Bogor.

Seperti kata ketua Blogger Bogor periode 2010-2012 dalam pengantar buku tersebut, meng-English-kan buku itu bukan untuk keren-kerenan, tetapi sebagai salah satu upaya meningkatkan kapasitas blogger-blogger yang tergabung dalam Blogor, memberi nilai tambah kepada buku itu serta sebagai wahana untuk merambah ranah internasional.

Saya pernah mendengar di salah satu event untuk para blogger yang diadakan di Jakarta di tahun 2012, ada seorang blogger – asal Thailand – yang tertarik pada salah satu stand komunitas blogger yang sudah menghasilkan beberapa buku – dan buku-buku tersebut dipajang di pameran tersebut. Blogger asal Thailand ini terlihat membolak-balikkan buku dan seperti ragu-ragu, untuk memberi atau tidak buku itu karena for sure, ia tidak mengerti isi buku itu karena tertulis seluruhnya dalam bahasa Indonesia – dan ia tidak bisa berbahasa Indonesia sama sekali. Tetapi akhirnya blogger asal Thailand itu membeli salah satu buku karya blogger Indonesia yang terpampang di pameran – entah hanya sebagai bentuk motivasi (karena blogger-bloggerpun dapat menerbitkan buku), entah sebagai bentuk solidaritas sesama blogger. Ah, andai buku itu ber-dwi bahasa, tentu buku itu akan lebih bermanfaat lagi baginya.

Itulah alasan mengapa Linihijau bersemangat bekerja sama dengan komunitas Blogger Bogor menerbitkan buku Hitam Putih Bogor dalam dua bahasa: Indonesia – Inggris.

Kembali kepada awal tulisan di atas, buku ini merupakan rangkaian buah pikir karya barudak (Sunda: anak-anak) Blogger Bogor yang layak disajikan kepada khalayak umum. Terlihat ringan jika dibaca, tetapi sebetulnya memerlukan upaya keras untuk menyajikan buku yang sepertinya ringan tetapi sebetulnya memiliki muatan serius, seserius proses menulisnya, pemuatannya di blognya masing-masing hingga proses penyusunannya menjadi sebuah buku – buku yang layak dibaca dan bermanfaat.

“keren abiz”,

“ringan – mudah dimengerti dan enak dibaca”,

“hebat euy ada bahasa Inggrisnya”,

Itulah beberapa komentar mereka yang baru memiliki buku ini dan membacanya, dan Linihijau sangat bangga dapat berpartisipasi mendukung penerbitannya.

[catatan: bagi mereka yang ingin memiliki buku ini, silahkan hubungi penerbit Leutikaprio di www.leutikaprio.com, maupun sms ke nomor: 081904221928]

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply